Wiki Wirausaha 101

TikTok Shop dan Potensinya untuk Mendorong Kesuksesan UMKM di Indonesia

Feature Image WikiWU (15)

TikTok Shop dan Potensinya untuk Mendorong Kesuksesan UMKM di Indonesia

Pertumbuhan TikTok dari masa ke masa cukup terbilang impresif. TikTok mampu berkembang menjadi salah satu media sosial mainstream dalam waktu yang relatif singkat.

Demam TikTok yang melanda seluruh dunia semakin didukung dengan awal mula munculnya pandemi yang mewajibkan masyarakat untuk tinggal dirumah sehingga waktu untuk mengkonsumsi konten Tiktok meningkat.

Dalam rangka memanfaatkan momentum TikTok yang seakan-akan tidak pernah melambat, ByteDance selaku perusahaan pemilik Tiktok menambahkan fitur baru di aplikasi tersebut, yaitu TikTok Shop.

Fitur TikTok Shop merupakan percobaan dari TikTok untuk memperluas prospek usahanya menuju bidang e-commerce. Dengan angka pengguna TikTok yang sangat masif, hal ini dapat dikatakan sebagai langkah cerdas dari ByteDance untuk membuka peluang baru, bukan hanya untuk TikTok, tetapi juga untuk segelintir pengusaha UMKM di Indonesia.

Tiktok sebagai aplikasi yang kini sangat digandrungi oleh kaum muda maupun tua, merupakan platform yang memiliki potensi tinggi untuk menarik pengguna-pengguna baru. Dikutip dari thesocialshepherd.com, sejak pertama diluncurkan, aplikasi TikTok sudah di-download sebanyak tiga miliar kali. Angka ini membuat TikTok menjadi aplikasi ke-5 yang pernah mencapai angka sebesar itu sekaligus merupakan aplikasi non-Meta pertama yang dapat mencapai angka tersebut.

Tren pengguna TikTok yang kian mencuat menyediakan prospek yang menjanjikan bagi para pengusaha UMKM yang ingin memasarkan produknya di TikTok Shop. Selain itu, harga di TikTok Shop yang cenderung lebih murah apabila dibandingkan dengan platform e-commerce lain seperti Shopee semakin mendorong minat pengguna terhadap fitur tersebut.

Untuk para pengusaha UMKM dengan target pasar remaja, TikTok Shop menjadi platform yang lebih menjanjikan, hal ini dikarenakan pengguna Tiktok yang rata-rata merupakan remaja.

Tiktok Shop juga sangat memudahkan kegiatan promosi bagi para pengusaha-pengusaha UMKM, cukup dengan meng-upload konten promosi produk buatan mereka sendiri ke TikTok, maka konten tersebut akan memasuki beranda-beranda di TikTok dengan bantuan fitur for you page atau FYP.

Apabila konten tersebut sudah memasuki FYP, maka akan dilihat oleh banyak pengguna-pengguna TikTok, sehingga bisa dikatakan sudah seperti promosi otomatis yang tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Dengan adanya TikTok Shop dan segala fitur-fiturnya yang dinilai menguntungkan, diharapkan pengusaha-pengusaha UMKM di Indonesia dapat mengembangkan bisnisnya sehingga pertumbuhan UMKM di Indonesia semakin pesat. Diharapkan juga di masa yang akan datang produk-produk lokal Indonesia dapat suatu saat mengakses pasar global melalui TikTok Shop.

Sumber artikel: https://kumparan.com/fina-apriliya/tiktok-shop-dan-potensinya-untuk-mendorong-kesuksesan-umkm-di-indonesia-1zj3suHp0J1/full

Penulis: Fina Apriliya

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *