Aceh Banten Bengkulu eFishery Jambi Jawa Tengah Kepulauan Bangka Belitung Kepulauan Riau Literasi Keuangan Digital Maluku Maluku Utara Papua Program Kemitraan Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah

e-Fishery: Program Pengajuan Pinjaman Produktif

Untitled design (7)

e-Fishery: Program Pengajuan Pinjaman Produktif

            Tips di bawah ini diambil dari diskusi tentang hutang piutang dan pinjam meminjam untuk keperluan bisnis khususnya budidaya ikan yang dilakukan oleh Diajeng Reisa Manik, Financing & Risk Manager eFisheryMall dengan Aulia Akbar, CFP, Financial Educator dari Lifepal. Namun begitu, tips ini juga relevan untuk semua pelaku usaha yang sedang berpikir untuk mengajukan pinjaman.


              Apapun usahanya, permodalan selalu menjadi masalah utama yang kerap kali menjadi pokok perhatian. Tak sedikit yang berhutang kepada tengkulak karena kesulitan memperoleh akses pembiayaan dari bank, berujung pada meningkatnya biaya operasional dan rendahnya laba bersih mereka. 

Ada dua karakteristik dari hutang (pinjaman) produktif yang patut dicermati yaitu:

  1. Pinjaman itu dapat meningkatkan penghasilan di masa depan.
  2. Pinjaman meningkatkan nilai kekayaan di masa yang akan datang.

    Namun, kedua karakteristik ini harus diperhatikan secara teliti agar tidak menjadi masalah di kemudian hari, jadi pastikan:
  1. Cicilan hutang per bulan maksimal 35% dari jumlah penghasilan perbulan
  2. Jumlah hutang maksimal 50% dari total nilai aset
  3. Ajukan pinjaman saat sudah memiliki dana darurat (tabungan kebutuhan hidup selama paling tidak 3-4 bulan ke depan, hitungannya berbeda antara yang masih lajang dengan yang sudah menikah dan punya anak).
  4. Lindungi keluarga Anda secara finansial sebelum berhutang. Salah satunya dengan tersedianya dana darurat dan asuransi.

              Khusus untuk pembudidaya, bisa mengajukan pinjaman melalui layanan eFisheryFund. eFishery menghubungkan pembudidaya langsung dengan institusi keuangan sehingga pembudidaya dapat menikmati layanan Kabayan (Kasih Bayar Nanti), yaitu fasilitas pembiayaan bertempo yang menyediakan akses pembiayaan untuk Sahabat Pembudidaya ikan.

             eFisheryKabayan membantu Sahabat Pembudidaya mendapatkan fasilitas sarana produksi perikanan dari eFishery, seperti eFisheryFeeder dan pakan dari eFisheryFeed, dengan sistem tenor yang fleksibel hingga 6 bulan. Selain itu, fasilitas pembiayaan ini juga dilengkapi dengan asuransi kecelakaan diri dan asuransi gagal panen jika terjadi bencana sehingga pembudidaya dapat berbudidaya dengan aman dan tenang.

               eFishery juga membangun fasilitas eFisheryPoint di seluruh Indonesia untuk mempermudah pembudidaya memperoleh berbagai informasi seputar teknologi budidaya perikanan dan juga berpartisipasi dalam kegiatan edukatif lainnya, salah satunya seminar peningkatan literasi finansial. Saksikan siaran ulang diskusi eFishery x Lifepal dengan klik di sini! Jangan ragu untuk mengontak kami & bertanya seputar eFisheryKabayan di halaman kontak eFishery https://efishery.com/contact/

Comment (1)

  1. BAKSO TETELAN CIPETE RAYA

    Kami pedagang bakso di Cipete Raya , Jakarta Selatan berkeinginan menambah cabang

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *